BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menyampaikan bahwa ratusan properti di kabupaten wonosobo dan kabupaten demak di provinsi jawa tengah rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung dan kemudian disertai hujan deras menerjang wilayah dalam kabupaten wonosobo serta kabupaten demak, provinsi jawa sedang di selasa (9/4). catatan ternyata menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

dia mengajarkan, pada kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan juga desa banyumudal dan terletak dalam kecamatan sapuran pada selasa, pukul 13.30 wib.

data sementara melaporkan sekitar 300 properti selama keadaan rusak sedang hingga rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, tutur dia, upaya penanganan masih terkendala dengan listrik yang padam serta kondisi dalam lapangan yang terletak di daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia mengajarkan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju lokasi desa itu lumayan berat.

selain itu, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) pada kabupaten wonosobo juga menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, dan relawan di penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan serta kerugian sampai ketika ini masih selalu dilakukan, kata sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi dalam kabupaten demak menerjang desa pilangrejo di kecamatan wonosalam pada jam 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak masih selalu mengerjakan pendataan kerusakan juga kerugian, katanya.

sutopo juga menungkapkan bencana lain yang terjadi selama jawa sedang di selasa (9/4), yaitu pada kabupaten kendal pada jam 13.00 wib.

bencana selama kendal itu tanah longsor selama pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu selama desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. efek sampingnya dua orang meninggal dunia serta enam pihak luka-luka, ungkapnya.

semua korban itu, papar sutopo, telah dievakuasi ke properti sakit permata medika di ngaliyan, semarang.